Toyota berambisi pimpin pasar hatchback

Toyota berambisi pimpin pasar hatchback

Toyota berambisi pimpin pasar hatchback

duamata.my.id-PT Toyota Toyota berambisi pimpin pasar hatchback , agen tunggal pemegang merek Toyota, berambisi menjadi pemimpin pasar untuk segmen mobil hatchback (mini sedan) dengan menargetkan penjualan Toyota Yaris rerata 2.000 – 2.500 unit per bulan.

Presiden Direktur TAM Johny Darmawan mengatakan penjualan Yaris secara bulanan terhitung mulai Juni meningkat drastis dibandingkan dengan rerata penjualan bulanan pada tahun lalu seiring dengan tingginya minat konsumen terhadap mobil kecil yang mengedepankan gaya sporty dan harga terjangkau.

Pada tahun lalu, paparnya, penjualan Yaris rerata hanya mencapai 1.000 unit per bulan. Namun, pada Juni – September, penjualan Yaris pada periode itu terdongkrak dua kali lipat menjadi sekitar 2.000 – 2.300 unit per bulan. “Kondisi ini membuat kami mengubah target penjualan Yaris menjadi di atas target awal,” katanya dalam acara Yaris Show Off Jakarta 2011 sore ini.

Ajang tersebut merupakan salah satu strategi TAM menggaet kawula muda sebagai salah satu konsumen Yaris terbesar dalam mengekspresikan kreativitas mereka untuk mendapatkan gelar Prince of Yaris Jakarta 2011.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan Yaris dari pabrikan ke diler (whole sales) pada Januari – Agustus 2011 mencapai 12.169 unit sedangkan penjualan ritel (dari diler ke konsumen) mencapai 12.508 unit.

Jika dibandingkan dengan periode yang sama 2010, penjualan Toyota Yaris secara whole sales hanya 11.082 unit atau mencatat kenaikan sekitar 11% pada saat ini, sedangkan penjualan Yaris di pasar ritel melonjak 20% dibandingkan dengan penjualan sebelumnya yang hanya 10.695 unit.

Akumulasi penjualan pada 8 bulan pertama 2011 tersebut belum membuat Toyota Yaris menjadi pemimpin pasar di segmen kendaraan hatchback. Pada periode tersebut, Honda justru memimpin penjualan model hatchback andalannya yakni Honda All New Jazz dengan total penjualan sementara (whole sales) 13.567 unit.

Dari total penjualan hatchback pada Januari – Agustus sebesar 41.054 unit, Honda menguasai 33,05% sedangkan Toyota di posisi kedua dengan pangsa pasar 29,64%.

“Kami tetap optimistis Yaris bisa menjadi pemimpin pasar di kelasnya karena performa penjualan di beberapa daerah, Yaris dilaporkan lebih unggul dibandingkan dengan pesaing terdekatnya. Ini tak lepas dari demand [permintaan] dan kepercayaan konsumen yang masih bagus,” katanya.

Jika dilihat dari total penjualan mobil penumpang Toyota secara bulanan, kontribusi Yaris rerata menempati posisi keempat setelah Avanza, Innova, dan Rush. Pada September 2011, total penjualan Toyota secara whole sales mencapai 30.655 unit. Adapun, pangsa pasar Yaris terhadap total penjualan hanya mencapai 6,41% sebesar 1.965 unit.

Johny optimistis pangsa pasar Toyota pada tahun ini minimal mencapai 36% dari total penjualan mobil nasional yang ditargetkan mencapai 840.000 unit. “Kalau tidak ada halangan, penjualan Toyota pada tahun ini diharapkan bisa mencapai di atas 300.000 unit, naik dibandingkan dengan target sebelumnya sebesar 280.000 unit,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.